Ariel4ever

Blog About Me

Berfikirlah sebelum anda memutuskan bekerja atau magang di tempat ini (Pengalamanku Part II)

1 Komentar

Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih dan penyayang saya memulai menulis pengalamanku part II bekerja di Makassar Terkini

Tulisan saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan suatu perusahaan atau mengintimidasi suatu golongan, ras, suku atau lainnya, tapi saya bermasksud agar para pencari kerja, para pelajar yang ingin magang atau bekerja di tempat ini agar bisa berfikir sebelum memutuskan bekerja di Makassar Terkini.

Tulisan yang saya buat ini bisa saya pertanggung jawabkan jika suatu saat saya bertemu tuhan. Tulisan ini murni pengalaman yang saya lihat saat bekerja disana, tanpa tambahan dengan maksud menjelekkan. Saya sadar tulisan ini saya buat maka malaikat juga menulis apa yang saya tuliskan dan berdoa untuk kebaikan bersama. Jika pada saat membaca tulisan ini anda melihat kejelekan padanya, maka itulah menurut pendapat anda, bukan pendapat pemimpin dari perusahaan tersebut karena pembacalah yang akan menilai selanjutnya bagaimana perusahaan ini.

Saya tidak bermaksud dendam pada tempat saya bekerja sebelumnya. Tapi saya berharap mereka memperbaiki perlakuan mereka pada karyawan khusunya buat teman-teman saya yang masih bekerja disana. tapi kalau dalam sikap mereka menganggap diri mereka sudah benar saya tidak berbuat banyak lagi kecuali menyerahkan semua ini padaNya.  Buat teman-teman saya yang masih bekerja disana semoga tetap semangat dalam segala hal.

Buat teman-teman yang ingin membaca tulisan saya sebelumnya dapat mengikuti link dibawah ini.

https://ariel4ever.wordpress.com/2014/02/08/pengalamanku-bekerja-di-makassar-terkini/ 

Makassar Terkini, Majalah Info Komunitas kawasan Makassar itulah tagline dari majalah ini. Berlamat di jalan mappaodang no. 8 Makassar. Adalah salah satu media terkemuka di Makassar yang bisa anda dapatkan di beberapa display di Makassar. berikut ini saya ingin kupas bagaimana sebenarnya dapur dari majalah ini.

Jam Kerja

Jam kerja dari kantor ini adalah mulai jam 08:00 pagi – 17:00 Malam + hari sabtu jam 08:00 pagi – 15:00. terlambat 5 menit sama saja anda tidak digaji selama satu hari. Jadi jika anda terlambat dan tetap bekerja itu dianggap anda beramal dan tidak digaji pada saat anda bekerja dalam hari tersebut.

Pulang cepat setelah jam 5? Tidak. Pada saat jam 5 para marketing harus melapor pada atasannya dan meeting jadi mereka rata2 pulang jam 6> tanpa dihitung lembur. ( mengapa mereka harus mengumpul laporan pada jam 5? Saya tidak tahu masalah ini). Pernah suatu saat ada teman saya programmer bekerja disana selalu pulang tepat waktu pada akhir bulan dia dikeluarkan pada masa percobaan. Selain itu karyawan yang dapat tugas seperti designer yang mendapat tugas untuk mengerjakan sesuatu hari itu juga harus selesai tidak mendapat lembur.

Pada saat ada event malam hari setiap karyawan diwajibkan datang tanpa dihitung lembur dan diwajibkan masuk seperti biasa dan peraturan tetap berlaku. Event tersebut adalah Master Brand Award, Master Service Award, Makassar Most Favourite Cullinary.

Marketing

Tiap bulan ada penerimaan marketing pada perusahaan ini. Mengapa marketing keluar masuk disana? Saya tidak tahu alsannya. Adapun saya lihat gaji mereka adalah berkisar 400-500rb/bulan. Tanpa transport dan makan, pulsa. Sisanya mereka dapat 10% dari iklan yang berhasil mereka dealkan. Tidak ada kendaraan operasional, mereka harus menggunakan sepeda motor dan bensin sendiri. Dan mereka harus capai target.

Photographer

Jika anda bermaksud menjadi photographer anda harus memiliki kamera sendiri dan tanggung biaya maintenance sendiri, dengan gaji dibwah 2juta dan tanpa dihitung lembur. Pernah terjadi semua  photographer keluar dari perusahaan tersebut hanya karena mereka menuntut beberapa ratus ribu tambahan untuk biaya maintenance kamera tapi tidak dituruti. Pernah saya dengar argument dari salah satu wartawan yang telah keluar dari sana, “Perusahaan Media koq tidak punya kamera, perusahaan makanan kecil-kecilann saja saja harus punya Kompor untuk memasak”

Saya sangat salut akan kesabaran dari photographer dan wartawan yang bekerja disini mereka tetap sabar dan mencari tambahan penghasilan lain karena gaji disini saja tidak cukup.

Tenaga Magang

Buat para pelajar yang ingin magang ditempat ini ada baiknya membaca tulisan saya ini. Pernah sutu kali ada tiga perempuan berjilbab dari mamuju mereka jurusan multimedia di SMK. Pada hari pertama saya mendapat 1 orang yang akan membantu saya untuk mengedit video kegiatan saya sumbangkanlah macbook yang saya punya untuk mereka pakai mengedit video mereka sangat berbakat dan pintar tapi beberapa hari kemudian saya tidak dapati lagi mereka ada disamping meja saya. Setelah saya telp ke pihak manajemen ternyata mereka dipindahkan ke bag finishing yang tugasnya melipat kertas hasil cetakan.

Suatu saat kemudian ada tenaga magang dari salah satu universitas di Makassar, saya lihat mahasiswa tersebut kelihatan berada dan keyakinan mereka sama dengan keyakinan pimpinan saya. Sangat berbeda pada setiap tenaga magang yang sebelumnya dengan orang yang berbeda keyakinan dengan mereka. Tenaga magang ini diperlakukan sangat baik, tugasnya membuat program marketing yang pada akhirnya tidak dipakai perusahaan. 1 program dengan menggunakan visual basic + MySQL mereka buat berlima jadi tidak ada cerita mereka harus melakukan pekerjaan kasar.

Tenaga magang dari malang, perempuan berjilbab juga tugasnya ke bag finishing dan mendapat kebijakan dari kantor untuk tempat kost di kantor dan tidur bersama dalam satu gudang yang berisikan tinta untuk mesin cetak.

Selanjutnya saya lihat yang magang disana apalagi berbeda keyakinan dengan mereka ujung-ujungnya jadi cleaning service atau melipat kertas undangan.

Pesangon

Saya bekerja selama lima tahun dan keluar karena saya rasa gaji saya tidak sepadan karena harus bekerja di beberapa perusahan dengan gaji sama dengan tukang sapu jalan juga tidak mendapat pesangon. Padahal ada bebrapa  orang karyawan yang pada saat keluar dari sana walaupun cuma setahun, tiga tahun karena berkeyakinan dengan mereka maka mendapat pesangon.

Teman saya 2 orang perempuan berjilbab keluar secar baik-baik juga tidak mendapat pesangon. Padahal mereka sudah 3 tahun+,  tidak itu juga komisi iklan mereka juga dipotong secara sepihak ole pimpinannya dengan berbagai alasan sehingga mereka harus memiliki hutang pada perusaahaan (yang bekerja siapa ya? Koq kita bekerja kemudian kita yang membayar lagi pada perusahaan?).

Makanan

Pada saat saya mulai bekerja disana, makanan dikelola oleh pembantu rumah tangga. Karena sering keluar masuknya pembantu yang bekerja disini maka diganti dengan catering. Pernah suatu ketika mereka mengeluh cuma diaksi uang 50rb untuk membeli lauk dan bumbu dan masak untuk sekitar 50 orang lebih.

Catering disana melihat bocoran yang saya lihat dari akunting adalah rantangan dengan harga berkisar 3ribu-5ribu. Untuk pimpinan dan orang tertentu makan diluar. Pernah suatu kali teman saya mendapatkan ulat pada nasi catering.  Pernah suatu kali saya membuka rantangan dan harus menahan nafas setelah mencium bau dari makanaan tersebut kemudian menutup rantangan tersebut dan selera makanku segera hilang.

Meeting

Tiap hari sabtu ada meeting motivasi dimana setiap karyawan disuruh berjanji untuk tetap setia rendah hati, loyal dan selalu bersyukur. Training satu arah yang menceritakan pengalaman, cerita motivasi dan beberapa khayalan tentang perusahaan dimasa depan.

Masih banyak yang saya belum tuliskan… kalau ada kesempatan  saya akan coba tuliskan lagi.. tetap semangat All.

One thought on “Berfikirlah sebelum anda memutuskan bekerja atau magang di tempat ini (Pengalamanku Part II)

  1. Ping-balik: Menjawab kembali pembelaan surat berantai yang mereka kirimkan (Pengalamanku Part III) | Ariel4ever

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s