Ariel4ever

Blog About Me

Pengalamanku Bekerja di Makassar Terkini

8 Komentar

Tulisan ini saya buat bukan karna saya menyesal pernah bekerja di Makassar Terkini Salah satu majalah yang katanya terkemuka yang ada di Makassar. saya berterima kasih karena telah mendapatkan banyak belajar bagaimana susahnya cari duit dan bersabar. saya hanya ingin memperingatkan buat teman-teman yang ingin bekerja disana agar berfikir 10000x terlebih dahulu sebelum memutuskan bekerja disana
selain itu setelah keluar dari sana mereka selalu menuduh saya keluar dengan tidak baik2 padahal saya sudah membuat surat pengunduran diri dan sebulan kemudian saya resmi keluar dari sana. dan selama bekerja selama 5 tahun lebih saya tidak dapat pesangon dari perusahaan.
Tepatnya pada bulan November 2007 saya mulai bekerja disana.. pada saat itu saya menduduki jabatan sebagi EDP dengan gaji Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) pekerjaan yang saya lakukan adalah instalasi jaringan, Instalasi Komputer dan hal-hal yang berhubungan dengan IT, Programming, selain itu saya ditugaskan untuk kadang2 mendesign iklan atau hal-hal lain. selain itu saya juga harus memperbaiki komputer pentium II dan III.
Apa yang saya lihat disana adalah banyak ketidak adilan. rata2 umur karyawan yang bekerja disana tidak lebih dari beberapa bulan. marketing misalnya memiliki gaji 400.000,- (Empat ratus ribu rupiah) / bulan. dan sisanya gaji mereka diambil dari pendapatan iklan. no uang transport, telp dan lainnya. tanpa NPWP, dan tiap tahun gajiku naik 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah).. pada tahun 2013 gajiku 1.500.000,- (Tiap Tahun naik 100.000,-) + tunjangan 300.000,- jadi mulai 2013 saya dapat gaji 1.800.000,- . jadi bersihnya saya dapat 1.8jt. gaji Tukang sapu jalan aj 1,5jt/Bulan.

setiap hari sabtu ada meeting buat karyawan.. bukan membahas masalah kemajuan karyawan.. tapi materi 1 arah yang mewajibkan karyawan untuk selalu rendah hati, sabar, dll yang mungkin menurut saya digunakan agar karyawan agar selalu tunduk pada keputusan karyawan.

Saya tidak bekerja di Majalah Makassar Terkini saja. , tapi sesekali dipanggil untuk bekerja di jatim Motor, Hotel Boulevard, Favor Hotel .. Tambahan Gaji? Tidak, saya tetap digaji 1 perusahaan tanpa tambahan transport atau bonus dll. tidak ada pembagian insentif tiap tahun.
untuk jam kerja dari jam 08:00- 17.00 senin-jumat dan 08:00-15:00 Sabtu walaupun menurut saya ini sudah menyalahi aturan Depnaker. terlambat 10 menit sama saja tidak terima gaji 1 hari.

ooh ia saya juga membuat TVC untuk TV, materi untuk masterbrand, Master service, dan Makassar Most Favourite Cullinary secara kerja bakti. sesekali saya harus selesaikan pekerjaan yang berhubungan denga tugas saya sebagai IT. dan lembur tidak dihitung..

Makassar Terkini memiliki tiga event tahunan yaitu Master Brand Award, Master Service Award, dan Makassar most Favourite Cullinary. dimana setiap karyawan diwajibkan datang untuk kerja bakti tanpa dihitung lembur dan kemudian besoknya harus masuk kantor tidak boleh terlambat sampai jam 8:00 kalau tidak gaji akan dipotong.

buat teman-teman yang ingin magang disana saya sangat tidak sarankan karena takutnya mengecewakan. tugasnya tidak lain adalah sebagai cleaning service dan melipat setumpuk undangan hasil cetak. dengan alasan mereka memberi kita MAKAN.

saya harap tulisan ini bisa membantu teman-teman yang ingin membuat keputusan sebelum bekerja atau magang disana. masih banyak bentuk ketidak adilan disana. sampai sekarang tidak ada HRD yang mau mencover perusahaan tsb. yang ada Accounting yang merangkap sebagi HRD yang sadisnya minta ampun dalam memotong gaji karyawan. sok lupalah dan berbagai alasan lainnya. tapi giliran uang iklan yang harus dibayar dari client dia ingat.
jangan heran tiap bulan pasti ada lowongan untuk bekerja di Makassar Terkini di koran Fajar.
saya tidak menjelek2kan suatu perusahaana tapi ini saya tulis berdasarkan pengalamanku tanpa ada yang saya tambahkan… klo tidak percaya coba tanyakan orang2 yang sudah keluar dari sana… di Group makassar Terkini.. thanks.. semoga tulisan saya ini membantu buat teman2 yang ingin mencari kerja khususnya di Makassar.🙂

8 thoughts on “Pengalamanku Bekerja di Makassar Terkini

  1. Semoga ini bisa makin membuat kita makin dewasa dinda.. Saya doakan semoga di tempat barunya lebih sukses.. amiin

  2. Iíiih..ngerinya…btw sangat terkejut dgn cerita sobat kita..semoga dt4 kerja yg baru nantinya lebih baik dan bagus. Oiya..buat teman2 yg dmakassar, yg mau mencari penghasilan berdasarkan prestasi kerja dan usaha sendiri,ada baiknya bergabung menjadi agen asuransi jiwa manulife (pemasaran makassar). Saya sudah 5th bergabung dan merasakan kesejahteraan dari MANULIFE INDONESIA. Hub.saya di 081355621642 utk info selengkapnya. Terima kasih.

  3. Oooh i see, apakah itu juga berlaku pada karyawan yang jobdesknya di bidang jurnalis atau wartawan?

    • Yg Wartawan mesti ceklok sebelum jam 8. Kecuali izin sebelumnya dan membuat prosedurx scr ter tulis… Tidak Ada sistem lembur.. Diutamakan meliput client yang beriklan d majalah… Rubric yang tdk menghasilkan uang cetakannya grayscale dan sedikit Demi sedikit dihilangkan…

  4. Ping-balik: Berfikirlah sebelum anda memutuskan bekerja atau magang di tempat ini (Penalamanku Part II) | Ariel4ever

  5. Apa anda tahu berapa standar gaji jurnalis di Makassar Terkini?

  6. Kakak saya pernah kerja di Danamon Dsp di Kalimantan selama 3 tahun trus pindah kemakassar dan bekerja di MAKASSAR TERKINI sebagai Marketing disana, tapi baru2 aja kerja 2 bln udah minta resign, Pantas aja tiap ketemu sama kakak dia mengeluh tentang pekerjaannya saat ini katanya gaji kecil + No tunjangan dan itu sempat kami perdebatkan karena saya berpikir dia cuman malas aja jadi bawaannya mengeluh trus, tapi ternyata emang benar ya bekerja di MAKASSAR TERKINI persis seperti yang kakak saya katakan artinya saya sudah salah menilainya🙂 hehehe, tapi syukurlah dia sudah dapat pekerjaan lebih bagus dan baik sekarang, Waduh Hari Gini kerja kayak Rodi / Romusa, nauzubillah min zalik..thx bro atas artikelnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s